Cloud Computing Biznet Indonesia
BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar belakang
Cloud computing kini telah  menjadi topik yang banyak di perbincangkan, karena cloud computing telah menawarkan kemudahan dan efisiensi ke pada para penggunanya, dengan beberapa layanananya seperti IaaS, PaaS dan SaaS. Di Indonesia sendiri kini banyak provider-provider tertentu yang menyediakan layanan cloud,  salah satunya yaitu Biznet,untuk membahas layanan IaaS pada Biznet Gio Cloud.
Biznet ini  merupakan perusahaan yang fokus di bidang  telekomunikasi dan multimedia, yang memiliki komitmen untuk membangun infrastruktur modern dengan tujuan mengurangi kesenjangan digital Indonesia dengan negara berkembang lainnya. Biznet memiliki dan mengoperasikan jaringan Fiber Optic tercanggih dan data center terbesar di Indonesia. Bermula dari jumlah karyawan kurang dari 10 orang, Biznet telah berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun. Melalui Biznet Gio Cloud Biznet telah melebarkan usahanya pada layanan cloud, dan bekerjasama dengan perusahaan Jepang Iniative Inc.
1.2    Rumusan masalah
Sehubungan dengan uraian yang telah di jelaskan di atas dapat dirumuskan bahwa permasalahannya adalah :
1.    Apa itu Biznet GIO Cloud ?
2.    Layanan apa saja yang ditawarkan oleh Biznet ?
3.    Bagaimana cara kerja layanan IaaS pada Biznet ?
4.    Kelebihan Biznet GIO Cloud ?
1.3    Lingkup dan Batasan
Dari permasalahan yang timbul, maka perlu adanya batasan masalah. Adapun beberapa batasan masalah sebagai berikut :
1.    Pokok pembahasan hanya mencangkup Infrastructure as a Service (IaaS) pada Biznet GIO Cloud
1.4    Tujuan
Dalam pembuatan makalah ini bertujuan untuk
1. Mengetahui apa itu Biznet Gio Cloud.
2. Mengatahui layanan apa saja yang di tawarkan.
3. Mengetahui Kelebihan dan keuntungan menggunakan dari Biznet GIO Cloud.
1.5    Sistematika Penulisan
Dalam penyusunan laporan ini, sebelumnya akan menjelaskan secara garis besar tatanan atau sistematika penulisan yang bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam hal pencarian, serta memberikan gambaran tentang pembahasan yeng tertulis di setiap bab. Maka dari itu membuat sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini berisikan tentang : Latar Belakang, Identifikasi Masalah, Lingkup Dan Batasan Masalah, Tujuan dan Sistematika Penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang : Landasan dasar teori permasalahan yang di bahas dalam laporan praktik kerja dan pengembangan sistem yang digunakan.
BAB III : PEMBAHASAN
Bab ini menjelaskan tentang uaraian kegiatan dalam membangun dan menetapkan persyaratan sistem baru secara nyata.
BAB IV : KEIMPULAN DAN SARAN
Bab ini menerangkan tentang kesimpulan seluruh laporan praktik kerja dan menetapkan rancangan sistem baru berbasis komputer 
BAB II
DASAR TEORI
2.1    Cloud computing
Merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.
Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.
Manfaat cloud computing :
1.    Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat
Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.
2.    Keamanan Data
Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.
3.    Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi
Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kita dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.
4.    Investasi jangka panjang
Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud.
2.2    IaaS (Infrastructure as a Service)
IaaS atau Infrastructure as a Service, menurut bahasa indonesia adalah sebuah layanan INFRASTRUKTUR komputasi awan. Dalam arti lainnya IaaS adalah layanan komputasi awan yang umumnya berupa satu paket perangkat hardware komputer yang berupa “virtualisasi”, bersama dengan jaringan internet, bandwitch, dukungan alamat IP, keseimbangan beban, jaminan online secara realtime (terus menerus koneksi ke internet) dan keamanan dalam “ruang lingkup” satu unit layanan IaaS.
Vendor atau provider menyediakan layanan IaaS biasanya terdiri dari berbagai spesifikasi, baik itu CPU, RAM dan Data Storage (biasanya SSD -bukan HDD-) dalam bentuk virtualisasi.
Virtualisasi ini sedikit agak rumit dimana satu unit komputer “nyata” yang dimiliki oleh vendor penyedia jasa layanan IaaS, bisa dibagi-bagi menjadi beberapa unit, sehingga hal ini dikatakan sebagai “virtual”, karena secara nyata, spesifikasi yang ditawarkan, misalnya CPU 1 Core, RAM 1GB dan 20GB SSD, sebenarnya tidak ada (secara nyata). Penyedia layanan memisahkan hal tersebut (CPU, RAM dan SSD) dengan sistem virtualisasi. Atau Anda bisa menggunakan analogi untuk satu unit komputer diibaratkan sebagai rumah, kemudian “virtualisasi” sebagai kamar. Kurang lebih seperti itu.
Jadi, penyedia jasa layanan “cloud computing” mempunyai satu sistem komputer super yang mereka bagi-bagi menjadi beberapa virtualisasi. Misalnya saja, dalam kasus data, vendor punya SSD nyata ukuran 1TB, dengan virtualisasi mereka membagi (mempartisi) menjadi 10GB misalnya, maka hasilnya bisa mencakup banyak SSD virtual entah itu 10GB x 100 unit, atau mungkin berbeda misalnya satu 10GB yang lain 20GB yang lainnya lagi 160GB dan lain sebagainya.

2.3    Tentang Perusahaan Biznet
Biznet merupakan perusahaan yang fokus di bidang telekomunikasi dan multimedia, yang memiliki komitmen untuk membangun infrastruktur modern dengan tujuan mengurangi kesenjangan digital Indonesia dengan negara berkembang lainnya. Biznet memiliki dan mengoperasikan jaringan Fiber Optic tercanggih dan data center terbesar di Indonesia.
Visi
Indonesia dimana setiap individu dan bisnis dapat terhubung dengan lancar untuk menggapai potensi mereka secara individu dan kolektif.
Misi
Menjadi perusahaan solusi jaringan dan multimedia melalui komitmen  untuk inovasi kelas dunia, infrastruktur dan jasa.

Daftar Isi

BAB III

PEMBAHASAN
3.1    Tentang Biznet “GIO Cloud”
  
Pada tanggal 22 September 2014, PT. Biznet GIO Nusantara atau Biznet GIO, sebuah joint venture antara Biznet Networks dan Internet Iniatiative Japan Inc, secara resmi memperkenalkan GioCloud dan Gio Enterprise Cloud, yang merupakan layanan komputasi awan (Cloud Computing) yang berjenis Infrastructure as a Service (IaaS) yang dirancang khusus untuk pasar indonesia.
Daya saing Biznet GIO Cloud terletak pada kemampuannya menggabungkan keunggulan jaringan, pusat data, dan infrastruktur Biznet Networks serta kepiawaian Internet Initiative Japan Inc. (IIJ).
Biznet Networks itu sendiri perusahaan yang berfokus di bidang telekomunikasi dan multimedia, yang memiliki komitmen untuk membangun infrastruktur modern dengan tujuan mengurangi kesenjangan digital Indonesia dengan negara berkembang lainnya. Biznet Networks memiliki dan mengoperasikan jaringan Fiber Optic tercanggih dan data center terbesar di Indonesia.
IIJ adalah perusahaan terdepan di Jepang dalam layanan cloud, dan Jepang juga merupakan negara peringkat pertama di dunia dalam hal Cloud Computing Policy Environment, menurut BSA Global Cloud Computing Scorecard 2013. Dirancang dengan teknologi mutakhir dan mekanisme redundancy yang baik serta jaringan yang memadai.

3.2    Layanan Gio Cloud
Biznet GIO Cloud adalah layanan public cloud berjenis IaaS yang elastis, menawarkan skema bayar per jam penggunaan. Menggunakan GIO Cloud, para pengguna mendapatkan keleluasaan untuk menyesuaikan kebutuhan kapasitas layanan komputasi dengan aset yang ada.
Layanan GIO Cloud
Layanan di mana kita dapat menyimpan dan mengakses data secara aman melalui internet bukan hard drive komputer (elastis), dan juga GIO cloud menyediakan pengembahan aplikasi web, eksekusi platform sebagai bagian dari platform as a service dan masih banyak layanan yang dapat di gunakan.
Menu biznet GIO

Untuk keterangan ke-1 adalah akan menampilan menu Home Biznet GIO Cloud seperti dibawah ini : 
Untuk keterangan ke-2 adalah tentang status anda berlangganan.
Untuk keterangan ke-3 adalah untuk menambah user yang dapat mengakses menu Home Biznet GIO Cloud.
Untuk keterangan ke-4 adalah untuk mengkontak team support, team support available 24 Jam / hari
Layanan GIO Enterprise Cloud
Sama hal dengan GIO Cloud, Biznet GIO Enterprise Cloud adalah layanan yang dirancang khusus bagi korporasi, yang menawarkan tingkat keandalan, keamanan, dan pemenuhan compliance paling tinggi. GIO Enterprise Cloud memberikan penggunanya kemampuan manajemen penuh terhadap server-server yang ada. Layaknya pusat data virtual, Biznet GIO Enterprise Cloud dilengkapi dengan server-server hypervisor fisik dan server untuk tuntutan manajemen virtualisasi aplikasi-aplikasi milik pengguna.
3.3    Instalasi Vmware Tools
Pendahuluan
VMware Tools merupakan utilitas yang berfungsi meningkatkan kinerja pada sistem operasi pada Virtual Machine.
Adapun fungsi dari VMware Tools itu sendiri, diantaranya :
1.    Graphics Performance : VMware Tools akan melakukan installasi driver VGA untuk meningkatkan kualitas gambar dan video.
2.    Effecient Memory Allocation : Kontrol memory yang berfungsi untuk meningkatkan alokasi dan efesiensi pemakaian memory.
3.    Accelerated Mouse Driver : Meningkatkan responsifitas penggunaan mouse.
4.    Optimized SCSI Driver : Meningkatkan kinerja I/O dari SCSI yang di gunakan oleh sebagian guest operating system Vmware
Untuk memastikan apakah VM Anda telah terinstall VMware Tools atau belum, Anda dapat mengikuti
langkah-langkah berikut ini. :
1.    Pada Linux ketikan perintah “/etc/init.d/vmware-tools status vmtoolsd is running”
2.    Pada windows server Untuk Windows Server yang telah terinstall VMware Tools, secara otomatis akan muncul icon Vmware Tools pada saat Anda menghidupkan VM Windows Server. Bila icon VMware Tools tidak muncul pada system tray, Anda dapat menggunakan VMware Tools control panel pada Windows Server. Silahkan pergi ke Start > Settings > Control panel
Instalasi Vmware Tools Os / Iso
3.    Pertama, arahkan ke cpbm menu dan pilih instances.
4.    Pilih VM, yang mana akan anda instal VMware Tools.
5.    Kemudian klik pengaturan menu dan pilih Attach ISO dan pilih VMware Tools Installer ISO.
6.    Kemudian Login ke Virtual Machine anda.
7.    Instal VMWare Tools installer
8.    Ikuti perintah installation
9.    Tunggu hingga instalasi selesai
3.4    Architecture Network VPC
VPC kepanjangan dari Virtual Private Cloud merupakan salah satu architecture networks yang dapat diterapkan pada environment Biznet GIO Cloud.
Pada dasarnya konsep VPC adalah tiering networks dimana anda dapat memisahkan networks A dan Networks B, maximum tiers VPC adalah 3.
3.5    Architecture Network Non – VPC / Flat Network
Non VPC adalah desain jaringan komputer yang bertujuan untuk mengurangi biaya, pemeliharaan, administrasi, jaringan non – vpc di rancang untuk mengurangi jumlah router dan switch pada jaringan komputer dengan menghubungkan perangkat switch tunggal bukan switch terpisah
  
3.6    Langkah – Langkah Membuka Akses VM dari Internet
Pendahuluan
Pertama kali Anda membuat VM, VM tidak dapat diakses melalui internet. Pada pengaturan defaultnya, tidak ada rule firewall yang dikonfigurasi untuk mengakses VM Anda. Tutorial ini akan membantu Anda untuk menjalankan langkah-langkah yang diperlukan untuk pengaturan firewall.
Ketentuan
1.VM Anda dibangun didalam jaringan “isolated” (network stAndard yang ada).
2.Isolate Network mempunya IP eksternal our isolated network has an external IP Address (IP Address ditetapkan secara otomatis di isolated network default).Untuk isolated network tambahan tidak akan mendapatkan IP address kecuali sudah ditambahan di awal.
Mengindentifikasi network anda
Untuk mengakses VM melalui internet atau untuk mengakses internet dari VM Anda, pastikan Anda sudah mengkonfigurasi firewall nya. Untuk menambah atau mengubah konfigurasi firewall Anda dapat mengaksesnya di menu tab Managed Resources.
1.    Dari tampilan awal pilih [Managed Resources] kemudian [Cloud].
2.    Pada menu Managed Resources pilihmenu [Instances]
3.    Pilih VM yang ingin Anda tambahkan dalam firewall rule. Dalam contoh ini memilih “GioTest”.
4.    Pilih menu [NICs]
Maka akan tampil deskripsi dari network Anda.
Pada menu tersebut dapat terlihat VM terkoneksi ke Isolated network (oleh karena itu VM terkoneksi ke Internet).
Pada menu tersebut juga terlihat ID dari network yang terkoneksi oleh VM. Network ID merupakan karakter unik dari setiap network yang akan memudahkan untuk mengidentifikasi network yang akan dilakukan konfigurasi firewall.
Mengidentifikasi Ip Address
1.    Pilih menu [IP Address] .
Menu tersebut akan tampil semua IP Address yang ada pada Akun Anda.
Pada menu details, Anda akan menemukan Associated Network ID yang sama dengan Network ID pada informasi network VM.
 Konfigurasi aturan firewall
1.      Kemudian setelah Anda mengetahui IP address yang mewakili VM Anda, pilih menu Firewall.
Pada menu Anda dapat menambahkan rule-rule firewall di dalam network Anda.
Tujuan dari tutorial ini adalah untuk membuat rule standard TCP/IP menggunakan port 80 – agar dapat mengakses webserver yang sudah di instal l di dalam VM.
[Source CIDR] Masukkan IP Public yang diperbolehkan mengakses VM Anda. Misal, apabila dari semua IP di internet dapat mengakses VM Anda dapat mengisi Source CIDR dengan 0.0.0.0/0
[Potocol] Pilih protocol yang diperbolehkan untuk mengakses VM. Untuk akses webserver pilih TCP.
[Start Port] Masukkan “80”.
[End Port] Masukkan “80”.
2.    Setelah firewall rule sudah dimasukkan, klik tombol “+” pada kolon Action untuk menambahkan
3.    Pilih [Port Forwarding]. Pada menu ini akan mengarahkan port yang sebelumnya di allow pada menu firewall ke VM Anda.
[Public Port] Masukkan port trafic yang masuk, port tersebut merupakan port yang di allow pada Firewall rule
[Private Port] Masukkan port yang akan digunakan pada VM. Port private bisa saja berbeda
dengan port Public, tergantu pada konfigurasi di dalam VM Anda
[Protocol] Pilih protocol yang digunakan untuk allow port, protocol sama dengan protocol
yang di allow pada firewall rule.
[Virtual Machine] Pilih VM yang akan menerima akses port.
Setelah port forwarding rule sudah dimasukkan, klik tombol “+” pada kolom Action untuk menambahkan rule.Saat port forwarding rule sudah ditambahkan

3.7    Menambahkan Volume ke VM Microsoft Windows
Pendahuluan
Berikut tutorial langkah-langkah yang diperlukan untuk menambahkan volume storage ke dalam VM yang sedang berjalan dengan sistem operasi Microsoft Windows.
Dalam tutorial ini asumsikan anda sudah mempunyai VM Winndows dan anda mempunyai hak akses penuh ke dalam VM tersebut.
Membuat volume pada Cloud Portal
1.    Pada menu Home screen pilih [Manage Resources], [Cloud]
2.    Pilih menu [Volume]
3.    Pilih [Add New]
Maka akan muncul kotak dialog. Isikan nama volume yang anda inginkan. Pada pilihan Zone, pilih Zone yang tersedua (Zone harus sama dengan zone dimana VM anda terinstall), kemudian masukkan ukuran volume yang ingin anda tambahkan. Untuk ukuran maksimum per volume adalah 2000Gb. Maksimum volume yang dapat ditambahkan per VM adalah 6 volume
dengan maksimum 500 volume per User didalam 1 akun.
1.    Setelah selesai mengisikan deskripsi volume, ceklist pada Agree to the Terms and Conditions, kemudian pilih [OK]. Setekag klik ok maka volume akan dibuat dan akan muncul pesan konfirmasi “Adding volume succeeded
Mengaitkan volume ke VM pada Cloud Portal
2.    Pada volume yang dibuat sebelumnya, di sisi kanan atas terdapat menu edit “Icon gir”  Klik pada menu tersebut dan pilih [Attach Volume]
3.    Akan muncul kotak pada dibawah ini, pilih VM yang ingin anda tambahkan volume storagenya, kemudian pilih [OK]. Sekarang portal akan melakukan atatch volume ke VM yang dipilih.
Setelah selesai akan muncul pesan “Succeeded”
 Mount Volume ke dalam Sistem Operasi
Gunakan connsole atau RDP untuk akses ke dalam VM. Pada tutorial ini  menggunakan Console yang ada di portal untuk mengakses VM.
a.    Pilih VM yang diattach volume kemudian klik pada [View Console].
b.    Pada VM Windows anda, pilih [Start] - [Administrator Tools] - [Computer Management].
c.    Pada menu Computer Management “directory” pilih [Disk Management]. Maka akan muncul kotak dialog
d.    Pastikan disk sudah dipilih, klik [OK]. Windows akan menginisialisasi disk yang terdeteksi.
e.    Volume yang di attach akan muncul sebagai “unallocated
f.      Klik kanan pada Unallocated disk dan pilih [New Simple Volume…]
g.    Masukkan besar volume yang ingin ditambahkan, kemudian klik [Next].
h.    Pilih drive yang anda inginkan untuk volume baru, kemudian klik [Next].
i.      Isikan [Volume label] sesuai nama drive yang anda inginkan, klik [Next].
j.      Kemudian klik [Finish]
k.    Setelah klik finish, maka volume saat ini sudah memilihi partisi dan dapat anda gunakan.
3.8    Bagaimana cara membuat User baru pada Webportal
Anda dapat menambahkan user baru pada webportal,
l.      pilih menu “New User” Isikan form dengan informasi pengguna, lalu klik Submit
m.  Periksa kembali informasi yang telah diinputkan, lalu klik submit
n.    Sistem akan mengirimkan informasi link url untuk menyelesaikan pendaftaran pengguna dan membuat password anda. Setelah klik url tersebut, anda akan diminta untuk membuat password baru untuk pengguna baru.
o.    Setelah selesai registrasi, dan klik confirm
p.    Periksa user baru anda di portal pada menu user dan akan terlihat user baru pada daftar user.
  
3.9    Keuntungan Biznet GIO Cloud
1.    Keandalan
Biznet GIO Cloud memberi jaminan 99.9% uptime dan memastikan pengalaman penggunaan aplikasi tanpa gangguan.
2.    Elastis sesuai kebutuhan
Para pengguna dikenakan biaya per jam pemakaian, sehingga mereka mampu menyesuaikan skala mesin virtual berdasarkan kebutuhan dengan sangat mudah lewat satu sentuhan tombol.
3.    Koneksi lebih cepat
Infrastruktur Biznet GIO Cloud ada di Indonesia, memberikan para konsumen akses dan waktu respon yang lebih cepat terhadap infrastruktur cloud computing Biznet GIO.
4.    Koneksi Jaringan dengan Biaya Efisien yang Terdepan di Industri
BEBAS BIAYA untuk akses 1 Terabyte pertama, baik untuk koneksi jaringan inbound maupunoutbound.
5.    Fitur-fitur bawaan untuk keamanan jaringan
Biznet GIO Cloud menyediakan fitur firewall, port-forwarding, load balancer dan juga Virtual Private Network (VPN) tanpa biaya tambahan sehingga para pengguna mampu melindungi aplikasi-aplikasinya.
3.10 Harga dan Ketersediaan
Biznet GIO Cloud berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan cloud dengan efisiensi biaya terbaik di Indonesia.
Tarif layanan ini dihitung berdasarkan penggunaan per jam, tersedia mulai harga Rp. 132.000,- per bulan untuk satu mesin virtual, konsumen juga di beri kemudahan dengan menyesuaikan sesuai keinginan hanya dengan mengakses web http://www.biznetgiocloud.com/pricing.php

BAB IV

KESIMPULAN
4.1    Kesimpulan
GIO Cloud berasal dari sebuah joint ventureantara Biznet Networks dan Internet Iniatiative Japan Inc, yang merupakan layanan komputasi awan (Cloud Computing) yang berjenis Infrastructure as a Service (IaaS), yang berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan cloud dengan efisiensi biaya terbaik di Indonesia tanpa mengesampingkan kecepatan jaringan, keamanan dan keandalan.
DAFTAR PUSTAKA
1.    http://www.biznethome.net/id/
2.    www.biznetgiocloud.com
3.    http://www.rilisiana.com/biznet-gio-nusantara-luncurkan-iaas-cloud-computing-dengan-biaya-terendah/
4.    http://www.antaranews.com/berita/498262/biznet-gio-nusantara-luncurkan-cloud-computing
5.    http://www.infokomputer.com/2015/05/berita/berita-reguler/biznet-gio-nusantara-luncurkan-layanan-iaas-cloud-computing-dengan-biaya-terendah-di-indonesia/
6.    http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html
7.    http://teknologi.metrotvnews.com/read/2015/05/27/130195/biznet-gio-nusantara-luncurkan-layanan-iaas-cloud-computing
http://iman.co.id/apa-dan-bagaimana-cara-kerja-iaas-infrastructure-as-a-service002F`

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top